SULE DAN OVJ


Sule.
Siapa yang nggak kenal dengan pria gondrong dan pirang , pelawak berpenghasilan 1 milyar pertahun yang sekarang benar-benar meroket ini? Selain talenta melawaknya yang alami, Sule juga sangat pintar dalam bidang tarik suara. Liat saja di setiap kemunculannya di OVJ (Opera Van Java), pasti ada saja lagu-lagu unik yang dibawakannya duet bersama Andre Taulany. Tapi sebenarnya itu justru jadi penghibur extra dan malah jadi sebuah pertunjukan yang bisa mengundang decak kagum penonton, memberi nilai plus buat Sule dan termasuk acara itu sendiri.

Saya sendiri sebenarnya baru serius mengikuti OVJ 6 bulan terakhir ini, sekalipun tidak rutin dikarenakan urusan satu dan lain hal, tapi setidaknya saya bisa melihat adanya perubahan tema dan kiblat (kita sebut saja begitu) dari OVJ.

OVJ Go Merakyat

Sekarang selain menyaksikan OVJ dari TV, pemirsa di rumah juga bisa menyaksikan acara ini LIVE !
Karena OVJ sudah mengembangkan sayapnya lebih lebar lagi dengan melakukan show ke daerah-daerah. Antusiasme masyarakat cukup diacungkan jempol, tapi yang jelas OVJ belum menunjuk daerah kediaman saya sebagai target show mereka, maunya sih … hehehe….

Hanya saja, menurut saya nih, nilai spontanitas dan kelucuan yang sesungguhnya itu nggak bisa saya dapatkan setiap kali menonton rekaman tour mereka, berbanting jauh bila saya menonton acara mereka yang di rekam di studio. Banyak faktor penyebab, sekalipun ini mungkin cuma dugaan saya tapi setidaknya masuk akal juga. Misalnya soal cuaca : di dalam studio udah tentu cool nggak seperti kalau mereka harus manggung di ruangan terbuka yang cuacanya nggak menentu. Cuaca tentu saja memegang peranan kalau bicara soal konsentrasi. Panas terik misalnya, ini bisa membuyarkan konsentrasi, takut make up-nya luntur, apalagi harus berkoar-koar di atas panggung, dikit-dikit pasti haus….

Nah, bandingkan juga kalau rekaman di studio, selain dingin, luas ruangan studio juga menjadi faktor penentu. Mereka tidak harus berkoar-koar seperti kalau manggung di acara Live Show yang notabene di ruangan terbuka, beda dengan pada saat mereka show di studio yang memiliki batas ruangan. Sekalipun sudah menggunakan alat pengeras suara yang canggih, tapi terkadang nilai kelucuan dari acara itu sendiri dikaburkan seiring dengan echo yang juga kadang-kadang kabur terutama pada saat cuaca sedang berangin, wuiihh…. terganggu banget !
Untuk hal ini, saya, terus-terang saja lebih memfavoritkan OVJ versi studio ketimbang Live. Spontanitas dan kealamian lawakannya lebih kental disitu…

BERBAGI TAWA

Terus terang, untuk hal yang satu ini saya benar-benar salut dengan OVJ.
Siapapun itu yang pertama sekali mencetuskan ide untuk mengundang mereka-mereka yang pernah dan akan tenar adalah ide yang sangat patut ditiru. Buktinya, disetiap tayangannya OVJ selalu menampilkan bintang-bintang tamu baik yang dulu pernah meroket  maupun bintang yang diprediksi akan meroket. Jarang-jarang lho ada grup pelawak yang mau berbagi tawa dan keceriaan dengan sesama seperti itu. Dan sekalipun sudah memiliki penghasilan tertinggi, mengalahkan pelawak-pelawak lainnya, Sule toh tetap low profile orangnya, semoga saja tetap seperti itu ya Mas Sule….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s