BRAZIL VS JERMAN : RESPEK TERHADAP YANG KALAH


10404063_675764732502102_3232741205665408251_n

Kekalahan telak negeri Samba Brazil sontak menggegerkan semua orang. Percakapan otomatis beralih membahas tentang kenapa Brazil bisa di-pelpeli sedemikian rupa oleh tim Jerman di laga pertandingan semifinal Piala Dunia.

Saya pendukung fanatik Jerman, dari dulu hingga sekarang. Sewaktu Jerman mempermalukan Brazil dengan skor 7-1, saya jingkrak-jingkrak. Tapi ketika keesokan harinya dan keesokan hari lagi dan keesokan harinya lagi, topik terus bergulir tentang hal yang sama, saya mulai bosan. Tayangan sport di TV seolah nggak bosan-bosannya menayangkan pertandingan Jerman melawan Brazil, thread di forum dunia maya dan sosial media saling berlomba memposting gambar-gambar unik dan lucu sebagai bentuk gambaran bagaimana malunya rakyat Brazil atas kekalahan mereka di kandang sendiri.

Pada awalnya saya masih ketawa waktu ngeliat postingan teman yang juga di copy dari thread tempat dia sering nongkrong, begitu juga postingan teman yang lain. Tapi waktu melihat postingan gambar ini, yang diposting langsung oleh Mesut Özil di akun facebook-nya, saya jadi terdiam sekaligus salut atas respek yang diberikan oleh Tim Jerman terhadap Brazil.

Saya senang Jerman masuk final walau akhirnya lemas karena Belanda kalah waktu berhadapan dengan Argentina. Padahal saya tuh bet untuk Jerman ketemu Belanda di Final. Saya ngekeh waktu nonton Jerman melpeli Brazil segitu sadisnya hingga saya lupa kalau suara sukacita saya terdengar sampai radius 5 kilometer. Tapi gambar ini membuat saya sadar, bahwa kemenangan tidak harus diluapkan dalam bentuk saling menertawakan pihak yang kalah. Jadi melo dehhh😦

 

 

Leave a Reply

