BRIGITA MAHONARA


slowNgomong soal berita, pastinya selain identik dengan koran dan majalah, sudah pasti TV juga. Nah, ngomongin soal berita di TV, jadi ingat pembawa berita yang satu ini: Brigita Manohara. Saya tuh bukan penikmat berita TVOne, sukanya berita-berita yang ditayangkan di Metro TV. Sekalipun stasiun TV swasta lain mengaku berita mereka yang ter-aktual, ya saya tetap aja manteng di Metro kalo untuk urusan berita.

TVOne menjadi siaran non-stop di rumah selama pertandingan Piala Dunia 2014 kemarin, nah disinilah  saya mulai meratiin presenter beritanya. Waktu musim Piala Dunia, presenter bola-nya kan dilibatkan juga cewek, nah diantara presenter cewek (wanita) nya, termasuklah si Brigita ini. Kenapa cuma dia yang saya sorot? Karena suaranya itu loo, sungguh aneh….

Presenter berita pada umumnya menyampaikan suatu berita dengan suara tegas dan intonasi yang jelas, didukung dengan mimik yang sesuai dengan berita yang tengah dibawakannya. Misalnya, kalau sedang memberitakan berita peperangan, presenter berita akan memasang mimik serius seolah prihatin. Kalo membawakan berita dukacita, intonasi suaranya juga disesuaikan jadi agak lembut dan wajah disendu-senduin. Nah si Brigita ini, dalam posisi membawakan berita apapun, pasti intonasinya ya begitu-begitu aja. Terkesan lambat, ketukan kata perkata seperti orang tengah belajar membaca, saya menilainya sih seolah dia tengah mempertimbangkan setiap kata per-kata  yang akan dikeluarkan dari otaknya, seolah dia bukan sedang dihadapkan dengan rolling text, seolah semua yang diucapkannya adalah buah dari hasil pemikirannya yang terdalam, seolah dia orang yang pernah survive dari stroke tingkat akhir.

Begitu juga sewaktu melakukan wawancara jarak jauh, yang paling mencolok nih pada saat melakukan telewicara dengan koresponden TVOne yang pada saat itu berada di wilayah Gaza dan tengah melakukan peliputan berita peperangan yang sekarang tengah marak-maraknya antara Palestina dan Israel. Brigita melemparkan beberapa pertanyaan dengan nada superrrrr-duperrrrr-lambat. Padahal pada saat itu kami  tuh benar-benar ingin tau gimana perkembangan terakhir hasil liputan sang koresponden. Tapi sang presenter ini lagi-lagi melontarkan pertanyaan dengan intonasi lambat yang merupakan ciri khasnya, “Jadiiiiiiii….. Serangaaaannnnn…… Israelllllll……. Yang membabi-butaaaaaa……” – bleehhhh…..😛

Memang, presenter MetroTV juga yang OK. Nggak ada yang lain dehhh…… Dan nggak ada yang Blehhhh…

9 thoughts on “BRIGITA MAHONARA

  1. presenter ini spt sdg menghadapi anak2 kecil. cara ngomongnya macam guru tk. tp nggak heran, presenter tv one mmg gitu2 aja. klo ngomong srg belepotan. keliatan nggak smart.

    Like

  2. Gw kirain gw doang yg risih sm presenter ini. Ternyata opini orang lain jg sama. Tp meskipun Brigita baca posting ini, gw yakin gak ngefek gan. Yg ada malah xrngengesan spt caranya baca berita kepada “anak2 TK”.
    Yg pasti, kalau bukan atasannya di TV One yg menegur, dia akan tetap menganak-TK-kan para penonton.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s