D’ACADEMY ASIA (SOIMAH – MAS IDAYU)


Image : Google Search

Dangdut Academy Asia (D’Academy Asia) sudah sampai pada tahap Wild Card.  Babak ini merupakan babak dimana para komentator  memberi kesempatan kepada peserta yang sudah sempat tersenggol untuk menampilkan kembali performa terbaiknya serta menilai dan memutuskan 2 dari 5 peserta yang masih pantas dan berhak untuk kembali maju ke babak selanjutnya. Keputusan yang diberikan pada Fitri (Brunei Darussalam) dan Henny Hanip (Malaysia), 2 peserta yang sempat tersenggol, untuk melanjutkan pertarungannya di TOP 12  adalah keputusan yang paling tepat.

Tapi disini saya bukan mau membahas soal pesertanya. Karena jujur saja, saya nggak ngikutin acara ini dari awal, jadi belum begitu mengenal semua pesertanya. Yang membuat saya senang dengan acara ini adalah tingkah-tingkah para komentatornya yang benar-benar menghibur. Begitu juga dengan para MC yang nggak kalah kocak.

Komentator favorit saya itu Soimah dan Mas Idayu. Dua kepribadian yang berbeda duduk dalam satu barisan, dan selalu membuat saya terpingkal-pingkal setiap kali mereka berdebat atau mempertahankan kecantikan masing-masing dengan melontarkan ledekan-ledekan yang mengocok perut.

Semua pasti sudah tau Soimah dan perjalanan hidupnya hingga bisa sampai sekarang ini. Sekalipun tidak mengenalnya secara langsung, tapi saya menyenangi kepribadian beliau. Apalagi kalau udah nyanyi dengan suara sinden-nya, perasaan gimanaaa…. gitu! Teduh… !

Beda lagi dengan Mas Idayu yang disapa Mami ini. Yang saya suka dari beliau adalah ketegasannya yang koplak itu (hihi… dikerjain deh ama Soimah….). Mami tuh saya perhatikan paling nggak nyaman kalo udah sampai ke tahap ‘tangis-tangisan’, yang lain pada terharu dan menitikkan air mata, tapi ekspresi Mami datar-datar aja. Pernah dipancing untuk menangis juga Mami ogah! Tegar ya… Tapi Mami ini memang tegas dan juga konsisten, nggak suka memberi harapan muluk-muluk kepada peserta, kalau penampilan peserta menurutnya buruk maka dia akan mengatakan yang sejujurnya, terkadang memang pedas seperti contohnya waktu Mami protes soal pelafalan lirik salah seorang peserta dengan melontarkan pertanyaan tajam, “Kenapa dalam lagu ini “Sayang” kamu ucap “Seyeeeengg…” “ lengkap dengan ekspresi dan praktik gerak bibir didoer-doerin yang jelas-jelas bisa bikin peserta down.

Tapi judes-judes gitu, Mami juga punya selera humor yang baik loh… Terkadang juga lugu (waktu di-kopla’in ama Soimah hahaha…..!)
Pokok’e I love you two lah Soimah dan Mas Idayu !!

Komentator yang lain juga seru, seperti Ivan Gunawan, Fakhrul Razi (Brunei Darussalam), Rosalina Musa ‘Kak Ros’ (Singapura) dan Saipul Jamil. Eh disini aja, Fakhrul Rozi tuh banyak yang idolain. Saya juga suka dengan sikap santunnya, tapi nangis-nya tolong dikurangi deh Bang Fakhrul. Cowok kok nangis sih…. hihihi…. Kak Ros yang lembut dan sederhana. Saipul Jamil yang semakin hari semakin serak dan kenapa begitu saya juga nggak tau …. Korban asap kemarin kali ye…

Dan karena D’Academy Asia ini juga lah saya jadi rajin nongkrongin Indosiar tiap jam 7 malam, pokoknya seru dan benar-benar menghibur. Pesertanya semua berbakat walau kebanyakan dari mereka banyak yang masih canggung dan demam panggung. Itu biasa… Nanti kalau mereka sudah berhasil, dengan sendirinya mereka juga akan terbiasa. Tul tak ?!

Tapi… Ada tapinya juga…

Saya kok kadang suka merasa nggak oke dengan cara para MC-nya yang terdiri dari Ramzi, Rina Nose, Irfan Hakim dan Andhika Pratama memperagakan iklan. “Dinding retak” seolah jadi guyonan, pas linu-linu sebagian ada yang ngikik. Seolah bukan iklan melainkan tawaan. Tapi giliran iklan maskapai penerbangan, semuanya bersikap seolah profesional dan penuh penjiwaan. Kenapa hayyooo….??? Trus perasaan MC-nya kok seperti ogah menghafal intisari dari iklan yang akan mereka peragakan. Mosok sih dari A sampe Z semua pada mbaca. Emang susah ya ngingat kandungan dari semen yang diiklankan atau cara kerja obat cairnya? Selebihnya kan tinggal dikembangkan dan dikreasikan sendiri.

Untuk selebihnya, penampilan para MC udah oke banget. Kekompakan mereka terutama dan itu yang membuat acara ini semakin meriah. Tahniah…!

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s