D’ACADEMY ASIA (KOMENTATOR TEBANG PILIH)


hen

Gambar: twitter@IndonesiarID

Nonton D’Academy Asia makin kesininya makin ngekeh, ngekeh karena formatnya makin nggak jelas. Komentator yang mulai tak sesemangat sebelum-sebelumnya dan terkesan mencari kategori diri masing-masing, seperti Bang Ipul yang tiba-tiba berubah jadi sinterklas bagi-bagi hadiah tapi membagikannya ke peserta tertentu, ditontonin lagi! Atau Fakhrul Razi yang juga nggak mau kalah ngacungin se-tas berisi souvenir yang dikirain mau diberi ke Fitri eh ternyata ke Rina Nose, jadi ngiler deh Fitrinya. But, Kadonya ke Rina tapi flying kiss-nya ke Shiha, hahaha…. !
Intinya ini bukan lagi sebuah ajang kompetisi tapi ajang pamer pemberian, ini acara milik komentator dan bukan untuk mencari bakat-bakat berpotensi untuk meramaikan ranah musik dangdut.

Kerasa kali ye Bang Ipulnya kalo semalam dia udah berbuat kesalahan kecil terhadap Henny Hanip (Singapore) yang akhirnya tersenggol di babak penyisihan Top 10. Dimana Pak Haji yang bakalan menjalankan umrohnya pada tanggal 20 Desember nanti mengomentari Henny sambil menahan tawa tanpa sebab, hingga terkesan seperti menertawakan/meremehkan. Walau tidak ada maksud seperti itu, tapi itulah resiko dari ketidak-konsisten-an dan ketidak-profesional-an seorang komentator. Dan kado yang dipersembahkan ke Henny Hanip pada malam penyisihan edisi 17 Desember 2015 terkesan seperti kado permintaan maaf dari Bang Ipul.

Bicara tentang kado, kok kesannya komentator tebang pilih ya? Kok hanya peserta tertentu yang diberi kado? Kenapa nggak sekalian aja semuanya diberi, pilih hari tertentu yang dinobatkan sebagai malam “Take & Give” antara peserta bersama komentator dan disaksikan oleh semua penonton se-Asia. Jadi semua peserta memberikan penampilan terbaik mereka dan komentator memberikan pujian dalam bentuk souvenir. Kalo milih-milih mah, mending ngasinya di balik panggung aja. Seperti si lebay Fahrul Razi, ngapain juga milih momen ngasi kado ke Rina pada saat  Fitri masih berada di panggung yang tengah pasrah dengan komen dari komentator yang hampir keseluruhannya menyudutkan penampilannya malam itu. Tunggu kek sampe Fitrinya balik ke belakang panggung baru announce kalo dia mau ngasi kado. Lha seperti tadi malam, Fitri masih berdiri disitu tiba-tiba Fakhrul bilang, “Saya ada kado…” Lha Fitrinya kan ngirain untuk dia. Walaupun nggak seperti itu, setidaknya pilihlah momen yang tepat ya ‘Rul !

Bicara soal Fitri, ada lagi nih yang nggak sreg banget ngeliat kinerja Kak Lin selaku komentator. Udah 3 malam D’Academy, komennya makin kabur. Dan yang terburuk adalah tadi malam sewaktu mengomentari Fitri. Kak Lin dengan santai bilang (kurang-lebih begini), “Fitri membawakan lagu ini bagus, tapi seperti ada yang kurang tapi Kak Lin nggak tau. Iye… Ada yang tak kena, tapi… Yerr, tak tau Kak Lin jelaskan dimana”

Komen apaan tuh? Mending nggak usah komen dah kalo nggak tau. Ngapain juga dibayar mahal untuk ngomenin orang tapi nggak bertanggung jawab. Itu sama dengan mengatakan, “Kamu kurang cocok pake baju warna merah” trus ditanya, “Bagusnya warna apa?” nah dijawab, “Nggak tau… Tapi yang jelas nggak cocok warna merah”
Telmi (Telat Mikir) kok dipelihara sih Kak Lin?

Bersyukur juga bukan komentator penentu kemenangan peserta melainkan juri. Kalo komentator penentunya, dengan kinerja yang makin drop seperti sekarang ini, bisa-bisa pemenangnya Shiha dan Lesty terjungkal, atau Ati pemenangnya dan Danang tersenggol, karena semua komentator makin amburadol. Masih lebih salut melihat host (Ramzi, Irvan Gunawan, Andhika Pratama dan Rina Nose) yang terlihat lebih rasional dan menunjukkan pembelaan setiap ada komen nggak masuk akal dari komentator.

Anyway, nggak sabar nih nunggu  Siti Nurhaliza malam ini yang bakalan duduk di jajaran para komentator.  Favorit saya banget tu…! Kali ini Siti Nurhaliza yang asli loh, bukan Siti Nurhaliza palsu (tebak aja sendiri siapa) …. hihihi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s