D’ACADEMY ASIA (EVI TERSENGGOL DRAMA QUEEN)


EV.jpg

Gambar: twitter@IndosiarID

D’Academy Asia Babak 5 besar kali ini benar-benar MENGERIKAN. Ramai yang memprotes keputusan Pak Ngah yang dianggap tidak fair dalam memberikan penilaian hingga menyingkirkan Evi demi memenangkan Shiha Zikir sang Drama Queen. Ok, istilah Drama Queen ini saya dapat dari sosmed pengikut salah satu komentator yang ramai memprotes kekalahan Evi. Begitu juga mereka mencibir tangisan Shiha yang dianggap penuh drama untuk menarik simpati juri dan komentator.

Keputusan juri sebelumnya yang akhirnya menyenggol Irwan, bisa saya maklumi, karena untuk kualitas suara, Fitri masih lebih bagus dari Irwan. Tapi kalau Shiha Vs Evi? Jujur saya juga ikut kecewa. Justru malam ini saya mengira Shiha Vs Fitri. Kenapa ya alur cerita D’Academy Asia lari dari skenario sekarang?

“Break” Dari Mayuni Omar Perlu Dipertanyakan

Permintaan “break” dari Mayuni Omar juga pantas dipertanyakan. Bukankah masing-masing juri sudah tau gilirannya masing-masing?  Mayuni justru minta rehat sejenak beberapa detik setelah On Air dan dia jugalah juri terakhir yang akan memberi penilaian? Alasan untuk minum kopi sama sekali nggak masuk akal. Saya rasa selama break dia sibuk hitung-hitungan pake kalkulator untuk memperbaiki nilai Shiha.

Para netizen di sosmed yang menghujat Pak Ngah habis-habisan juga nggak bisa disalahkan karena adanya pernyataan dari Pak Ngah sendiri yang mengatakan bahwa Evi tidak pantas berada di D’Academy Asia. Saya pribadi juga menyayangkan pernyataan yang tidak sepantasnya diucapkan oleh beliau selaku juri. Tapi saya tidak sepenuhnya menyalahkan beliau, justru saya mempertanyakan “Break” yang di request oleh Mayuni Omar yang konon katanya dan juga kata Kak Ros sebagai juri yang paling objektif diantara juri yang lain, hellooowww…..?! Sampai detik ini juri yang paling objektif itu adalah Bunda Hetty Koes Endang. Tidak ada yang se-pioneer beliau dalam hal penjurian. Juri-juri yang lain mah juri kacangan.

KENAPA EVI TERSENGGOL?

Finalis yang tersisa di 5 Besar  adalah Danang, Lesty, Evi (ketiganya dari Indonesia), Shiha dan Fitri (Malaysia). Evi adalah bayang-bayang Danang dan Lesti. Berhubung Lesti 2 hari terakhir ini menurun ke peringkat kedua, dikhawatirkan Evi bisa mencuri start juga mendahului Lesti. Soalnya sudah pernah kejadiannya seperti itu. Evi adalah ancaman terbesar, bagi siapa? Ya bagi Lesti. Performa Lesti semakin menurun sementara Danang terus melejit.

Untuk memenuhi keinginan para netizen yang dari kemarin memprotes setiap ada peserta luar yang tersenggol hingga menyisakan sebagian besar finalis dari Indonesia, maka digugurkanlah Irwan lalu kemudian Evi agar posisi terlihat (seolah-olah) seimbang 2:2 (Indonesia vs Malaysia). Karena pada akhirnya para juri dan komentator mau tak mau menyadari bahwa sudah terjadi kesalahan fatal dalam sistem yang di jalankan di D’Academy Asia ini, dan harus mereka akui bahwa kalau pada akhirnya semua peserta yang lolos berasal dari Indonesia semua maka acara ini akan terlihat lari  dari tajuknya. Itulah sebabnya Shiha sang Drama Queen diselamatkan untuk menyeimbangkan ketimpangan itu.

Sesuatu yang timpang bisa diperbaiki, tapi cacatnya tidak bisa disembunyikan. D’Academy Asia perlu perbaikan lagi bila ada rencana melanjutkan ini ke D’Academy Asia season 2. Kalau penilaian orang awam, untuk selanjutnya Shiha dan Fitri-lah yang akan diadu dan akan gugurlah Fitri. Dan pada akhirnya (ending cerita dari skenario ini) Danang dan Lesti-lah yang akan berebut posisi 1 dan 2.  Tapi mengingat penjurian yang bisa minta “Break” seperti ini, saya mulai meragukan ending keseluruhannya.

Tapi inilah bisnis hiburan, tak perduli berapa ribu orang yang dikecewakan yang penting rating melejit, iklan full, sponsor berdatangan dan semua yang terlibat di dalamnya bisa mengantongi uang untuk liburan akhir tahun bersama keluaraga.  :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s